Senin, 21 Mei 2012

Jenis Bahan kerudung untuk hijab

Saat ini banyak tersedia model hijab yang cantik dan elegan, namun kita juga harus tau bahan apa yang digunakan untuk kerudung tersebut. soalnya mayoritas perempuan tidak terlalu mempersoalkan kerudung yang mereka pakai itu terbuat dari bahan apa. Padahal beda jenis kerudung itu sangat berperan dalam menunjang penampilan kita loh dalam mengkreasikan tampilan jilbab.
Selain itu saat ini juga banyak teman teman yang sering bertanya bahan kerudung apa yang bagus untuk mengkreasikan jilbab? nah sebelum menjawab pertanyaan tersebut relifa rasa ada baiknya kita belajar dulu soal jenis bahan kerudung untuk hijab beserta karakteristiknya.
Yuk kita sama sama belajar mengenal aneka jenis jenis bahan kerudung untuk jilbab beserta dengan kelebihan dan kekurangannya.

Bahan Kerudung 288x300 Jenis bahan Kerudung untuk Hijab

Kerudung bahan katun

Kelebihan : Nyaman dipakai, bisa dipakai sehari-hari, Perawatan kerudung berbahan dasar katun ini juga sangat mudah.

Kekurangan : Kerudung yang terbuat dari bahan katun ini Nggak bisa dibentuk menjadi aneka kreasi karena bahannya agak tebal

Kerudung Sutra

Kelebihan : Nyaman dipakai dan tidak panas, lalu mudah dibentuk aneka kreasi karena teksturnya lembut, bisa dipakai sehari-hari, bahan nya yang cantik juga cocok dipakai saat acara pesta.

Kekurangan : Kerudung berbahan sutra ini Mudah kusut, kadang-kadang luntur, perawatannya juga harus ekstra hati-hati biar awet.

Kerudung Polyester

Kelebihan : Tidak mudah kusut, bisa dipakai sehari-hari maupun pesta, dan perawatannya mudah.

Kekurangannya : Panas dan gerah bila dipakai saat cuaca panas , kadang-kadang juga membuat kita sulit mendengar karena teksturnya cenderung kaku selain itu kerudung polyester ini juga agak sulit dikreasikan karena teksturnya cenderung kaku.

Kerudung Rayon

Kelebihan : Adem bila dipakai, terkesan casual, bisa dipakai sehari-hari.

Kekurangan : Mudah kusut, kadang-kadang luntur, dan cepat menimbulkan aroma yang kurang sedap karena mudah menyerap keringat. Lebih baik jangan gunakan kerudung berbahan rayon untuk pergi ke pantai atau saat membawa anak anak.

Kerudung Pashmina

Kelebihan : Hangat bila dipakai dan terkesan etnik dan perawatannya mudah.

Kekurangan : Nggak bisa dipakaim sehari-hari, nggak bisa dikreasi, gerah bila dipakai karena bahannya terlalu tebal, dan nggak cocok untuk ke pesta.

Kerudung Bahan Kaos

Kaos lebih cepat mulur setelah berulang kali dicuci namun kaos termasuk salah satu bahan yang nyaman dipakai untuk membuat bergo. Dibandingkan dengan lycra dan spandex.

Kerudung bahan lycra atau spandex

Selain nyaman digunakan,bahan ini perawatannya cukup mudah. Hanya dengan mencuci biasa dan keringkan dibawah matahari. Bahan ini tidak panas digunakan dan lentur sekali. Kadang ada yang memiliki efek kilap ada juga yang tidak.

Kerudung Bahan Voile

Bahan yang lembut dan halus sehingga cukup nyaman digunakan pada siang hari, tapi pada bagian leher agak sulit dibentuk karena seratnya yang tidak lentur seperti lycra dan kaos.

Kerudung Bahan Chiffon

Banyak bergo yang berbahan chiffon. Baik chiffon two tone ataupun chiffon crepe. Meskipun agak panas, tapi bergo chiffon dapat dijadikan alternative buat acara yang lebih semi formal. Bila memilih bergo chiffon ini lebih baik sesuaikan dengan bahan busana.

Tips Mengkreasikan Gaya Hijab berdasarkan bahan kerudung

Untuk hasil kreasi yang bagus, gunakan dua bahan yang sama, misalnya sutra dan sutra. Bila tidak berbahan sama, coba padukan Polyester dan Sutra. Bila ingin menggunakan stola sebagai kerudung, pilih yang berbahan rayon atau katun agar tidak terlalu gerah.

Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi semua yang sedang belajar atau mencari ide kreasi jilbab modern ya.

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda